Heliconia: Pisang-Pisangan yang Tak Berbuah

  Ditulis Oleh : Fransiska Ken
  Waktu Posting : 2010-10-08 02:06:05
  Dibaca sebanyak : 3802 kali

Sebagai tanaman perdu, Heliconia (pisang-pisangan) memiliki bentuk mirip pohon pisang. Batangnya berpelepah, daunnya pun tak ubahnya daun pisang. Pola hidup Heliconia juga mirip pola hidup pisang. Tumbuh berkelompok dan rimbun. Pertumbuhannya pun relatif cepat. 

Pisang-pisangan merupakan tanaman khas daerah tropis.  Mudah tumbuh pada daerah lembap yang terkena sinar matahari. 

Heliconia banyak dipergunakan sebagai tanaman hias untuk halaman  rumah, kantor, perhotelan, maupun area pedestrian. Bunganya yang berwarna oranye juga sering dipergunakan sebagai bunga potong. Bunga Heliconia dipotong pada saat belum sepenuhnya mekar. Untuk menjaga kesegarannya, bunga Heliconia sebagainya ditempatkan pada ruang bersuhu rendah.  

Berdasarkan rangkaian bunganya, Heliconia terbagi menjadi dua jenis: Heliconia Densiflora dan Heliconia Rostrata.

Heliconia Densiflora adalah bunga pisang-pisangan yang bentuk bunganya tegak seperti cakar kepiting dan berwarna jingga kekuningan serta  mudah didapat. Sementara Heliconia Rostrata adalah bunga pisang-pisangan yang bunganya merah dan kuning serta muncul menggantung seperti buah pisang. Perbanyakkan kedua jenis Heliconia ini cukup menggunakan anakan (tunas).

Heliconia termasuk dalam keluarga Heliconiaceae. Dari penampilan fisiknya seringkali Heliconia Densiflora sering disamakan dengan Bunga Bird of Paradise (family Strelitziaceae). Bunga Bird of Paradise  mengandung warna ungu atau kebiruan, tunggal dan tidak bercabang-cabang. Ketiganya sama-sama termasuk dalam ordo Zingiberales.

Foto :Fransiska Ken

          

Tag : Perdu

Komentar

Dari : adi'e
berapa harga nya?
Dan di mana alamat nya?


Berikan Komentar anda

Nama anda

Isi komentar

promo
  • Tentang Kami
  • ketentuan Layanan
  • Twitter kami    Copyright © iDEA Online, All Right Reserved 2010