Labu Siam: Labu untuk Sayuran Asli Siam

  Ditulis Oleh : Fransiska Ken
  Waktu Posting : 2010-10-15 13:51:51
  Dibaca sebanyak : 1727 kali

Disebut Labu Siam karena tanaman yang termasuk jenis sayuran ini pada awalnya didatangkan dari Siam (Thailand). 

Aslinya tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Di Meksiko, Labu Siam digunakan sebagai cadangan pangan. Ini termasuk tumbuhan merambat dan biasa dibudidayakan di pekarangan. 

Buah Labu Siamg berbentuk lonceng dan menggantung dari tangkai. Karenanya tanaman ini ditanam dengan bantuan para-para untuk melilitkan batangnya yang menjalar.

Berdasarkan penampilan buahnya, ada Labu Siam yang berukuran besar dan ada yang kecil. Yang berukuran besar dipanen pada saat tua sedangkan yang berukuran kecil pada usia yang masih sangat muda. 

Labu Siam sering juga disebut Jipang. Ia termasuk dalam family Cucurbitaceae. Hampir sering dijumpai di pasar  dan biasanya diolah sebagai masakan atau lalapan dengan cara merebusnya dahulu untuk menghilangkan getahnya.

Sebagai  bahan makanan, Labu Siam (Sechium Edule Reinw) memiliki banyak manfaat karena kandungan vitamin B kompleknya.  Kandungan air yang tinggi baik untuk menjaga kesehatan ginjal. 

Labu Siam juga dikenal sebagai obat wasir. Sariawan dan gusi berdarah dapat diatasi dengan mengkonsumsi Labu Siam sebagai lalapan. Air perasan Labu Siam segar dapat mengurangi hipertensi sehingga bisa mencegah resiko stroke. Sementara getahnya dapat dipakai untuk menghaluskan tumit kaki.

Labu Siam dikembangkan melalui biji yang berasal dari buah yang sudah tua yang diperam hingga keluar tunasnya. Setelah itu ditanam di tanah dan ketika sulurnya mulai keluar baru dililitkan di para- para yang terbuat dari bambu  agar merambat. Labu Siam cocok ditanam baik di daerah dingin maupun panas dan dapat dipanen setelah berusia 4 bulan. 

Foto : Fransiska Ken

          

Tag : Perdu

Komentar


Berikan Komentar anda

Nama anda

Isi komentar

promo
  • Tentang Kami
  • ketentuan Layanan
  • Twitter kami    Copyright © iDEA Online, All Right Reserved 2010