Belimbing Manis: Bintang yang Menggantung di Pohon

  Ditulis Oleh : Fransiska Ken
  Waktu Posting : 2010-10-15 18:12:00
  Dibaca sebanyak : 1967 kali

Belimbing Manis ( Averrhoa carambola) merupakan tanaman buah tropis yang banyak dijumpai di kawasan Asia. Termasuk dalam keluarga Oxiladaceae, tanaman ini juga tumbuh liar dengan tinggi yang mencapai 10m.

Hampir semua jenis tanah cocok ditanami Belimbing. Perbanyakannya melalui  biji dan cangkok dan tanaman ini harus sering disiram karena memerlukan banyak air. Pada umumnya Belimbing ditanam di pekarangan, dan sekaligus berfungsi sebagai pohon peneduh. Daunnya rimbun dan mudah berguguran. Bunga Belimbing merupakan cikal bakal terbentuknya buah keluar dari batang. 

Kira-kira 90 hari setelah bunga mekar, Belimbing dapat dipetik dengan ciri-ciri buah yang tadinya berwarna hijau menjadi kuning dan  besar. Buah Belimbing yang masak mengandung banyak air dan agak asam.

Di luar negeri, orang mengenalnya sebagai Star Fruits  karena apabila dipotong, penampangnya akan berbentuk seperti bintang. Buahnya dapat dikonsumsi sebagai buah segar, makanan olahan ataupun obat traditional. 

Jus buah Belimbing dikenal sebagai obat herbal untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Sementara produk olahannya dapat dibuat dodol ataupun campuran masakan. Meskipun rasanya agak asam namun Belimbing mempunyai kandungan gula yang tinggi sehingga tidak dianjurkan untuk penderita Diabetes.

Foto: Fransiska Ken

          

Tag : Pohon

Komentar


Berikan Komentar anda

Nama anda

Isi komentar

promo
  • Tentang Kami
  • ketentuan Layanan
  • Twitter kami    Copyright © iDEA Online, All Right Reserved 2010