Bunga Bakung: Aslinya Bernama Bunga Lily

  Ditulis Oleh : Fransiska Ken
  Waktu Posting : 2010-10-15 22:07:46
  Dibaca sebanyak : 6949 kali

Inilah bunga Lily yang sesungguhnya. Di  Indonesia disebut  sebagai Bunga Bakung. Bunga ini termasuk dalam keluarga Liliacea yang memiliki kurang lebih 110 species dengan berbagai macam warna dari putih, kuning, jingga, merah muda, merah, ungu, warna tembaga, hingga hampir hitam. Ada pula yang memiliki corak berupa bintik-bintik atau seperti sapuan kuas. 

Bunga Bakung mampu hidup dan menyesuaikan diri dengan habitat disekitarnya, di hutan, pegunungan, rerumputan dan bahkan rawa. Tangkainya yang kokoh tumbuh dari  umbi.

Species aslinya kebanyakan berasal dari belahan bumi utara. Akan tetapi saat ini sudah tersebar di banyak Negara Eropa, Asia dan Amerika. 

Sejumlah hibrida telah dikembangkan terutama sebagai kembang hias, misalnya Lily Paskah (L.Longiflorum) yang banyak dijumpai saat perayaan Paskah.

Masyarakat Cina memanfaatkan Lili dari genus L.Brownii sebagai makanan mewah dengan cara mengemasnya  dalam bentuk kering sebagai makanan kesehatan untuk menurunkan panas internal di musim panas. Beberapa spesies kadang-kadang ditanam untuk dimakan umbinya. 

Selain sebagai tanaman hias, Bunga Bakung juga memiliki manfaat medis traditional di antaranya untuk mengobati sakit  pinggang (bunganya), mengobati luka memar  dan kesleo  serta borok (daunnya), mengobati sakit gigi (akarnya).

Foto: Fransiska Ken

          

Tag : Bunga

Komentar


Berikan Komentar anda

Nama anda

Isi komentar

promo
  • Tentang Kami
  • ketentuan Layanan
  • Twitter kami    Copyright © iDEA Online, All Right Reserved 2010