Antirrhinum, Si Mulut Naga

  Ditulis Oleh : Fransiska Ken
  Waktu Posting : 2010-10-22 01:13:32
  Dibaca sebanyak : 1901 kali

Antirrhinum adalah salah satu genus yang lebih dikenal dengan nama Snapdragon. Tanaman ini adalah tanaman semusim yang menarik karena  bunganya berwarna- warni. 

Ciri khas tanaman ini adalah  bunganya mirip mulut naga dan dapat terbuka atau terutup ketika disentuh. Bunganya berbau harum dan berwarna oranye, pink, merah, kuning atau putih. 

Termasuk dalam keluarga Plantaginaceae, Snapdragon berasal dari pulau–pulau di kawasan Mediterania. Bunga Snapdragon dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang kaya Anthocyanin.

Berdasarkan ketinggian, ada tiga jenis Snapdragon: 
  1. 1. Snapdragons tinggi (30-48 inci) biasanya  digunakan sebagai latar belakang tanaman hias 
  2. 2. Snapdragons sedang (15 - 31 inci) biasa ditanam di trotoar.
  3. 3. Snapdragons kerdil (5 - 15 inci), tumbuhnya lebat dan padat
Snapdragon (Antirrhinum majus) berkembang dengan cara penyerbukan alami. Ia menyukai sinar matahari  penuh dan tanah  kering. Para tukang kebun  biasanya sengaja meninggalkan beberapa tangkai supaya mereka mengalami penyerbukan alami sendiri. 

Selain itu Snapdragon juga dapat ditanam dengan menyebar bibit di tanah yang subur yang dicampur dengan kompos atau lumut gambut. Hal ini membantu untuk mempertahankan kelembapan tanah dan pertumbuhan gulma. 

Snapdragon  harus disiram setiap hari, tidak  perlu terlalu banyak supaya akarnya tidak busuk. Ia juga perlu diberi pupuk sekali sebulan. Jika panas matahari terlalu terik, tempatkan Snapdragon di area yang teduh, untuk menghidari daun dan bunganya akan menguning. Jika terlalu panas, Snapdragon membutuhkan lebih banyak air. Sebaliknya, jika musim hujan kurangi  frekuensi penyiraman. 

Setelah satu minggu tanaman akan menjadi lebat sehingga perlu dilakukan pengetriman agar bentuk tanaman tetap indah. 

Beberapa jenis Snapdragon yang sering ditemui misalnya Butterfly Bronze Snapdragon (oranye ke kuningan), Rocket Red Snapdragon ( merah pink), Soltice Yellow ( kuning pucat), Sonet Pink Snapdragon (pink)


Foto: Fransiska Ken


          

Tag : Bunga

Komentar


Berikan Komentar anda

Nama anda

Isi komentar

promo
  • Tentang Kami
  • ketentuan Layanan
  • Twitter kami    Copyright © iDEA Online, All Right Reserved 2010